Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya dalam Menciptakan Alat Pemuas Kebutuhan

Persoalan ekonomi yang paling mendasar bagi manusia adalah kebutuhan dan keinginan yang tidak terbatas dengan ketersediaan sumber daya yang terbatas. Kebutuhan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dapat memberikan hidup manusia menjadi lebih baik, sedangkan keinginan merupakan kebutuhan manusia yang dapat ditunda baik dalam waktu yang terbatas maupun dengan waktu yang tidak terbatas. Mengapa kebutuhan manusia itu tidak terbatas ? Didalam perkembangannya kebutuhan manusia dimulai dari kebutuhan yang paling sederhana kemudian meningkat pada kebutuhan yang lebih komplek. Sudah menjadi sifat dasar manusia bahwa manusia tidak pernah puas dari apa yang pernah diperoleh sebelumnya, sehingga manusia selalu berusaha mencari cara atau berinovasi agar kebutuhannya dapat tercukupi dengan baik.


Ada beberapa faktor penyebab kebutuhan manusia tidak terbatas :
1.       Sifat Dasar manusia
Seperti apa yang dijelaskan sebelumnya bahwa sifat manusia selalu ingin menjadi lebih baik dari apa yang pernah diperoleh sebelumnya, sehingga manusia selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya agar hidupnya lebih baik.
2.       Tingkat Pendapatan
Tingkat pendapatan berkaitan dengan daya beli. Seseorang yang memiliki pendapatan yang tinggi memiliki daya beli yang kuat sehingga manusia menggunakan daya belinya untuk mencukupi kebutuhan.
3.       Lingkungan Alam
Lingkungan Alam sekitar dapat menciptakan beraneka ragam kebutuhan. Lingkungan alam yang dingin akan menciptakan kebutuhan akan perlindungan badan seperti baju tebal, minuman atau makanan yang dapat menghangatkan tubuh.
4.       Lingkungan Sosial
Sebagai makhluk sosial manusia selalu berinteraksi dengan yang lainnya. Proses interaksi tersebut menciptakan imitasi yaitu meniru gaya hidup orang lain dan hal ini dapat meningkatkan kebutuhan manusia.
5.       Kemajuan Tekhnologi Informasi
KemajuanTekhnologi informasi akan mempermudah manusia untuk mengakses apa yang menjadi kebutuhannya, bahkan kemajuan tersebut mampu menciptakan kebutuhan –kebutuah lainnya.
6.       Agama dan Kepercayaan
Dengan adanya perbedaan agama dan kepercayaan akan memunculkan kebutuhan manusia yang beragam yang disesuaikan dengan agama dan kepercayaannya.
7.       Alkulturisasi Budaya
Budaya daerah yang beragam akan menciptakan kebutuhan-kebutuhan yang beragam juga, hal ini disebabkan karena masing-masing daerah memiliki karakteristik perilaku atau gaya hidup yang berbeda.
8.       Perdagangan Internasional
Perdagangan Internasional akan menciptakan aliran barang dari luar yang berkualitas , lebih murah dan mendapatkan barang-barang yang semula tidak dapat diproduksi dalam negeri.

Bagaimanakah cara manusia agar dapat menyelesaikan persoalan kebutuhan yang tidak terbatas ? Manusia harus menentukan pilihan karena tidak semua kebutuhan dengan segera dipenuhi dalam waktu bersamaan. Manusia harus membuat skala prioritas kebutuhannya, membuat daftar kebutuhan mana yang dipenuhi terlebih dahulu dengan memperhatikan pilihan-pilihan penggunaan yang optimal terhadap ketersedian sumber daya yang ada.   
Ketersediaan sumber daya menjadi penting untuk menyelesaikan kebutuhan manusia yang tidak pernah berakhir. Sumber daya tersedia dapat berupa : Sumber Daya Alam, Sumber Daya Manusia, Sumber Daya Modal dan  Sumber Daya Kewirausahaan. Masing –masing daerah memiliki karakteristik yang berbeda tentang ketersedian sumber daya. Jepang memiliki sumber daya alam yang terbatas, apalagi semenjak Negara tersebut kalah dalam Perang Dunia II yang harus takluk dari sekutu dengan dijatuhkan bom atom sehingga praktis dengan luas wilayah yang sempit dengan lingkungan yang tidak mendukung Jepang menjadi negara nomor satu dalam bidang ekonomi. Mengapa demikian ?  Jepang memiliki sumber daya manusia yang baik, pengembangan tekhnologi yang menakjubkan dengan selalu belajar dari Amerika dalam kurun waktu yang tidak lama justru Amerika harus belajar dari muridnya yang satu ini. Sekarang bagaimana dengan Indonesia, yang memiliki  wilayah dan lautan yang luas, sumber daya alam yang melimpah, seharusnya Indonesia dapat  memakmurkan rakyatnya , memperkecil ketergantungan terhadap luar negeri jika kita memiliki sumber daya manusia yang baik.
Sumber Daya Kewirausahaan adalah sumber daya manusia yang memiliki kemampuan didalam mengelola, memiliki gagasan atau ide, menciptakan peluang serta mampu berinovasi didalam mengoptimalkan sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal didalam pemenuhan kebutuhan manusia yang tidak terbatas.
            Ada beberapa penyebab mengapa terjadi adanya kelangkaan sumber daya :
1.       Terbatasnya Sumber Daya
2.       Terbatasnya kemampuan manusia untuk mengelola sumber daya
3.    Meningkatnya kebutuhan manusia yang semakin cepat dari kemampuan manusia untuk   menghasilkan alat pemuas kebutuhan
4.       Bencana Alam
5.       Perang

6.       Kerusakan sumber daya alam karena ulah manusia

No comments:

Back to top