Penggolongan Konsumen dan Produsen

Penggolongan Konsumen dan Produsen-1Pada saat keseimbangan harga pasar tercapai pada hakekatnya telah tercapai secara tidak langsung kesepakatan antara konsumen dan produsen untuk harga dari jumlah komoditas yang dibutuhkan oleh konsumen dan jumlah komoditas yang ditawarkan oleh produsen. Pada pasar tersebut terjadi adanya kekuatan interaksi tawar menawar antara konsumen dan produsen. Proses interaksi tersebut mengakibatkan adanya klasifikasi atau penggolongan konsumen dan produsen. Pada tingkat harga keseimbangan tidak semua konsumen mampu untuk membeli komoditas yang ditawarkan produsen demikian juga sebaliknya tidak semua produsen mampu membuat produk dengan harga pokok rendah sehingga harga dapat terjangkau oleh konsumen dan dapat bersaing dengan produsen lainya yang sejenis. Di bawah ini ada beberapa penggolongan konsumen dan produsen :

I.  Penggolongan Konsumen :

     1.    Konsumen Super Marginal
Konsumen Super Marginal adalah konsumen yang memiliki daya beli lebih dibandingkan dengan kelompok konsumen lainnya. Pada konsumen ini mereka mampu membeli lebih banyak dari apa yang mereka butuhkan sehingga mereka memiliki Premi Konsumen. Biasanya kelompok konsumen ini menjadi sasaran program pemasaran produsen untuk memotivasi membeli lebih banyak komoditas  dengan menawarkan produk lainnya.

     2.     Konsumen Marginal
Konsumen Marginal adalah konsumen yang memiliki cukup daya beli untuk membeli komoditas ditingkat harga keseimbangan. Mereka tidak punya daya beli lebih untuk membeli komoditas lebih banyak, kalaupun mereka mampu membeli lebih mereka akan mengorbankan kebutuhan lainya.

     3.      Konsumen Sub Marginal
Konsumen Sub Marginal adalah konsumen yang tidak memiliki daya beli pada tingkat harga keseimbangan. Mereka tidak mampu membeli komoditas yang ditawarkan produsen, mereka akan menunggu membeli komoditas itu apabila dirasa harga mulai menurun atau menungu program pemasaran produsen seperti diskon besar-besaran pada waktu tertentu.

II.Penggolongan Produsen :

     1.     Produsen Super Marginal
Produsen Super Marginal adalah produsen yang memiliki kemampuan menekan harga pokok penjualan dibanding dengan produsen lainnya. Pada Produsen ini mereka mampu meraup keuntungan yang lebih banyak dan bahkan mampu menurunkan harga jual jika diperlukan. Maka dari itu produsen kelompok ini memiliki premi produsen. Mereka dapat melakukan semua ini karena mereka mampu bekerja secara effisien, menerapkan teknologi yang tepat dan manajemen yang baik.

     2.     Produsen Marginal
Produsen Marginal adalah produsen yang memiliki kemampuan menentukan harga pokok penjualan yang hanya cukup pada tingkat harga keseimbangan. Produsen ini hanya bisa meraup keuntungan secara rata-rata pada kelompok produsen pada umunya. Produsen ini tidak mampu mendapatkan keuntungan lebih seperti pada Produsen Super Marginal.

     3.     Produsen Sub Marginal
Produsen Sub Marginal adalah produsen yang tidak dapat bersaing dengan produsen lainnya. Mereka tidak dapat mampu membuat produk dengan harga maksimal pada tingkat harga keseimbangan. Kalaupun produsen kelompok ini menjual komoditas dipasar pada tingkat harga keseimbangan sudah dipastikan komoditas yang mereka jual berkualitas rendah.

2 comments:

Back to top