Circular Flow Diagram

Pada hakekatnya kegiatan ekonomi itu merupakan interaksi pelaku ekonomi antara Konsumen, Produsen, Pemerintah dan atau Rumah Tangga Luar Negeri. Pada interaksi tersebut terjadi adanya aliran Uang, Barang dan Jasa, Faktor Produksi, Pelayanan Pemerintah dan Pajak. Ada dua jenis pasar yang terjadi pada interaksi tersebut yaitu Pasar Input dan Pasar Output. Dalam mempelajari interaksi tersebut akan lebih mudah jika kita gunakan Circular Flow Diagram seperti gambar di bawah ini.


Circular Flow Diagram-1
Keterangan Circular Flow Diagram :

PI         : Pasar Input
PO       : Pasar Output
RTP     : Rumah Tangga Produsen
RTK     : Rumah Tangga Konsumen
Pm       : Pemerintah
RL        : Rumah Tangga Luar Negeri
No.1     : Aliran Faktor Produksi
No.2&3: Aliran Uang
No.4     : Aliran barang dan jasa
No.5     : Pelayanan pemerintah
No.6     : Pajak

Pasar input merupakan pasar faktor produksi yang permintaannya berasal dari Produsen dan penawarannya berasal dari Konsumen. Pada interaksi tersebut ada dua aliran yaitu aliran uang dan aliran faktor produksi yang berupa aliran tenaga kerja, Modal, Tanah dan Kewirausahaan. Balas jasa dari Tenaga Kerja berupa gaji (wage), Modal berupa Bunga (interest) ,Tanah berupa Sewa (rent) dan Kewirausahaan berupa pembagian hasil (profit). Aliran uang diterima oleh Konsumen sedangkan aliran faktor produksi diterima oleh Produsen.

Pasar output merupakan pasar barang dan jasa yang permintaannya berasal dari Konsumen dan penawarannya berasal dari Produsen. Pada interaksi tersebut ada dua aliran yaitu aliran uang dan aliran barang dan jasa. Aliran uang  diterima oleh Produsen sedangkan aliran barang dan jasa  diterima oleh Konsumen.

Sektor pemerintah dalam kaitanya dengan interaksi ini, seberapa besar intensitasnya, akan memberikan corak  sistem ekonomi yang ada dalam suatu Negara. Pemerintah akan memberikan pelayanan kepada sektor Konsumen dan Produsen ( demikian juga pada rumah tangga luar negeri) berupa regulasi, kebijakan, penyediaan infrastruktur, stabilitas keamanan dan stabilitas ekonomi. Konsumen dan Produsen akan memberikan balas jasa kepada Pemerintah melalui Pajak.

Dalam perekonomian terbuka interaksi diperluas melalui perdagangan internasional, baik itu berupa interaksi swasta dengan swasta, swasta dengan pemerintah dan pemerintah dengan pemerintah antar dua Negara atau lebih.

Demikianlah ulasan singkat bagimana interaksi pelaku ekonomi seperti Konsumen, Produsen, Pemerintah dan sektor luar negeri digambarkan secara singkat dalam Circular Flow Diagram.

2 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Dalam kegiatan ekonomi seperti ini sekiranya sektor produksi menggunakan seluruh faktor produksi yang ada dalam perekonomian, pengeluaran sektor rumah tangga akan sama dengan nilai barang dan jasa yang diproduksi dalam perekonomian. Ini adalah gambaran yang sangat sederhana yang terjadi pada suatu perekonomian, di mana kegiatan perdagangan pada umumnya masih menggunakan cara barter. kata kerja imperatif Soko Guru Demokrasi Universal Substansi Hak dan Kewajiban Asasi Manusia Dalam Pancasila contoh majas pengertian kata kerja material Jelaskan kedudukan Pancasila sebagai ideologi terbuka Negara penghasil timah terbesar di dunia Pengertian Desentralisasi Circular Flow Diagram Umpan Ikan Mas

    ReplyDelete
Back to top